GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

9 Desember Adalah Hari Anti Korupsi Sedunia


SakiSaku.tech - Pada tanggal 9 Desember ditetapkan hari Anti Korupsi Sedunia. Peringatan tersebut merupakan peringatan rutin setiap tahunnya tepat pada tanggal 9 Desember. Korupsi adalah penyakit kronis di jaringan sosial , politik dan ekonomi semua negara tak terkecuali indonesia.

Melansir dari laman resmi PBB , dengan kondisi semakin maraknya korupsi di dunia pada tanggal 31 Oktober 2003 majelis umum mengadopsi konvensi PBB untuk melawan korupsi.

Dalam sidang tersebut , Majelis Umum meminta kepada sekertaris jenderal untuk menunjuk kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan ( UNODC ) yang dijadikan sebagai sekertariat konferensi negara - negara pihak konvensi.

Selain itu , Majelis juga menetapkan tanggal 9 Desember sebagai hari Anti korupsi internasional. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran korupsi dan peran konvensi dalam memerangi korupsi dan mencegahnya.

Konvensi tersebut mulai berlaku pada bulan Desember 2005. Pemerintah , Organisasi Non Pemerintah , Sektor Swasta , Media dan Seluruh warga diseluruh dunia bergabung untuk memerangi kejahatan ini.

Kantor PBB dan UNODC berada di garis terdepan dalam upaya tersebut. Selain itu , PBB menandai Hari Anti Korupsi sebagai hari internasional. Hal ini bertujuan untuk mendidik publik bahwa ini menjadi perhatian penting.


Sumber   : Kompas.com
Editor      : Tommy Prabowo

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI