GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Jangan Panik! Segera Lakukan Tindakan Ini Apabila Anak Bergejala KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

ilustrasi vaksinasi Covid-19 pada anak

SakiSaku.tech - Tidak semua orang yang di Vaksinasi mengalami reaksi setelah di Vaksinasi Covid - 19. Apabila muncul reaksi atau kejadian KIPI pada anak pasca di vaksinasi itu adalah hal yang wajar.

Mengapa Saya Mengalami KIPI?

Reaksi vaksin dalam tubuh kita dapat berbeda - beda. Sebagian besar tidak mengalami keluhan ringan setelah divaksinasi.

Vaksinasi Covid - 19 pada anak usia 6 sampai 11 tahun telah dimulai dan bukan tidak mungkin anak mengalami indikasi gejala pasca ikutan imunisasi atau KIPI pasca di vaksinasi.

Apabila Saya Mengalami Indikasi KIPI diatas Apa Yang Harus Dilakukan?

Indikasi beberapa gejala umum KIPI diantaranya nyeri pada lengan bekas suntikan , nyeri otot , sakit kepala , nyeri sendi , menggigil , muntah dan mual , merasa lelah hingga demam yang tinggi dengan suhu diatas 37,8 derajat. Selain itu gejala lain diantaranya ialah menggigil selama kurun waktu 1 sampai 2 hari.

Apabila anak mengalami kejadian diatas , orang tua jangan panik! Segera lakukan penanganan dini seperti memastikan anak beristirahat dengan cukup , meminum obat penurun panas bila diperlukan , memastikan anak meminum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Untuk mengatasi nyeri lengan di tempat bekas suntikan , usahakan anak tetap menggerakannya dan kompreslah dengan air dingin.

Apabila kondisi anak belum juga reda pasca vaksinasi Covid - 19 , Segera bawa anak ke Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat. Untuk mengetahui tentang KIPI lebih lanjut disarankan anda membaca di https://kipi.covid19.go.id


*( Disclaimer : informasi ini adalah bersifat panduan. Berkonsultasilah kepada tenaga kesehatan , layanan kesehatan jika anda memiliki pertanyaan seputar kondisi kesehatan. )

Editor    : Tommy Prabowo



Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI