GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Kenali Dampak Yang Mungkin Bisa Terjadi , Sebelum Memakai Softlens

Ilustrasi Pengguaan Softlens

SebisaBisnis Jogja -
Softlens bisa menjadi alternatif pengganti kacamata terutama pada penderita mata minus. Sebelum anda menggunakan softlens , perhatikan dampak yang mungkin bisa saja terjadi. Bagi pemiliki mata minus , softlens merupakan salah satu alternatif alat bantu selain kacamata. Dengan beberapa model dan jenisnya , softlens juga dapat menunjang penampilan.

Namun demikian , sebelum anda memutuskan untuk menggunakan softlens terdapat beberapa hal yang harus kalian ketahui. Berikut kita ulas di bawah ini.

Dampak Penggunaan Softlens
Selama ini penggunaan Softlens dapat diklaim aman asalkan harus mengikuti petunjuk pemakaian dengan baik. Berikut ini adalah resiko kesehatan terkait penggunaan softlens yang tidak baik.

Mata Kering
Menggunakan lensa kontak untuk jangka waktu yang sangat lama dapat menyebabkan mata menjadi kering. Mata kering dapat menyebabkan rasa sakit , terbakar bahkan sensasi berpasir. Sedangkan pada beberapa orang juga mengalami pandangan kabur. Kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa tak nyaman ketika memakai softlens.

Mata Merah
Selain membuat mata menjadi kering , penggunaan Softlens yang terlalu lama juga dapat mengakibatkan mata menjadi merah. Jika tidak ditangani dengan segera maka akan menimbulkan masalah komplikasi yang bergantung pada konjungtivitis yang sedang di idap seseorang.

Abrasi Kornea
Penggunaan Softlens yang kotor juga dapat menyebabkan kornea mata menjadi tergores atauy bisa disebut dengan abrasi. Dengan kondisi ini anda wajib waspada karena kondisi ini dapat memperparah rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

Amati Gejala Yang Mungkin Bisa Saja Timbul
Penggunaan softlens yang terlalu lama dan keliru dapat mengakibatkan beragam keluhan , Gejala yang mungkin muncul diantaranya sebagai berikut.

  • Timbulnya rasa tidak nyaman pada mata
  • Produksi air mata berlebih
  • Merasa gatal . terbakar dan berpasir
  • Mata kemerahan yang tidak biasa
  • Penglihatan kabur
  • Pembengkakan

Apa Yang Harus Dilakukan
Jika mengalami gejala iritasi ataupun infeksi akibat penggunaan lensa kontak , maka sebaiknya ikuti langkah berikut.

  1. Jika anda mengalami gejala iritasi mata atau[un infeksi maka segera lepaskan lensa kontak dan jangan menggunaakannya kembali
  2. Hubungi Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat
  3. Jangan membuang lensa kontak tersebut , simpan ditempat yang aman sehingga jika dokter membutuhkan dapat mengecek dan melihatnya
Demikianlah pembahasan terkait dengan dampak penggunaan Softlens yang biasa terjadi.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI