GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

ilustrasi biji ketumbar. Foto : Freepik

Apakah kamu tahu ketumbar? Apakah kamu mengenal manfaat dari rempah ini? ketumbar adalah biji bulat yang dijadikan rempah untuk Ibu memasak bentuknya memang Mirip merica tapi jangan sampai tertukar ya.

Pengertian Ketumbar Dan Manfaatnya


Selain sebagai bumbu dapur , ketumbar dikenal manjur mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ketumbar juga dikenal kaya akan zat besi yang dapat membantu menambah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Namun Tahukah kamu kalau ketumbar bisa kita minum dengan cara membuat air rendamannya air rendaman ketumbar ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

Apa saja ya manfaatnya?


Mengendalikan diabetes 


Biji ketumbar telah direkomendasikan banyak dokter sebagai antidiabetes menurut macrobiotik health dan nutrition Silva Aurora biji ketumbar yang direndam dalam segelas air dapat membantu resistensi insulin dan mengendalikan diabetes Selain itu biji ketumbar terkenal untuk menjaga kadar glukosa darah kita. 

Hal ini karena biji ketumbar memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin proses ini membantu penyerapan yang tepat dan asimilasi gula menurunkan tingkat gula darah.

Biji ketumbar juga terbukti mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga ideal untuk pencegahan dan pengobatan kesehatan jantung rendam biji ketumbar dalam air sepanjang malam dan minum untuk melihat manfaat nggak terduga bagi kesehatan jantung dan tingkat gula darah yang sehat penderita diabetes disarankan untuk meminum air rendaman biji ketumbar ini setiap pagi saat perut kosong 

Menyehatkan mata 


Ketumbar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan disempurnakan dengan kadar vitamin C fosfor dan sejumlah antioksidan hal tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mata. 

Rebusan ketumbar baik untuk meredakan gejala peradangan dan membantu memperbaiki fungsi penglihatan. Rebus air dengan biji ketumbar dinginkan sampai suhu kamar gunakan untuk mencuci mata sesering mungkin agar mendapat manfaat bagi kesehatan mata. 

Mencegah Osteoporosis 


Kandungan yang ada di dalam ketumbar mengandung antioksidan seperti vitamin A rifoflavin niacin asam folat vitamin C vitamin K kalsium dan koroten zat-zat itulah yang ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kesehatan yang berhubungan dengan persendian.

Menurunkan kadar kolesterol jahat 


Biji ketumbar mengandung serat yang dapat mengikat garam yang dihasilkan oleh kolesterol artinya kandungan biji ketumbar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh kita.

Selain itu biji ketumbar bisa membantu penurunan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik sehingga bisa mencegah penyakit jantung untuk tingkatkan kesehatan jantung dengan mengkonsumsi air biji ketumbar setidaknya dua sampai tiga kali sehari mencegah antisis dan rematik.

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan sinoel yang terkenal karena sifat antiriatik dan anti rematiknya rendam biji ketumbar dalam air dan dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.



Source : Gridkids dan Berbagai Sumber
Editor  : Tommy Prabowo

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI