GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Khasiat buah manggis bagi kesehatan

Khasiat buah manggis bagi kesehatan

Buah manggis adalah salah satu buah tropis yang populer di Asia Tenggara. Buah ini memiliki kulit berwarna ungu tua yang keras dan daging buah yang berwarna putih dengan biji yang berwarna cokelat. Buah manggis memiliki rasa manis yang segar dengan sedikit rasa asam, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain rasanya yang lezat, buah manggis juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti xanthone, yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antikanker, dan antimikroba. Selain itu, buah manggis juga mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tetapi juga kulit dan daunnya. Kulit manggis dapat digunakan untuk membuat minuman herbal yang baik untuk kesehatan, sementara daunnya dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Khasiat mengkonsumsi buah manggis

Rasa buah manggis biasanya digambarkan sebagai manis dan segar dengan sedikit rasa asam. Daging buahnya yang berwarna putih memiliki tekstur yang lembut dan berair, sehingga sangat menyegarkan ketika dimakan.

Selain rasanya yang enak, buah manggis juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan buah manggis:

  1. Antioksidan kuat: Buah manggis mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti xanthone, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  2. Anti-inflamasi: Xanthone dalam buah manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.
  3. Mengurangi risiko kanker: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa xanthone dalam buah manggis dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan akibat kanker.
  4. Menurunkan risiko penyakit jantung: Buah manggis juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang membantu melindungi arteri dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C dalam buah manggis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  6. Menjaga kesehatan kulit: Kandungan antioksidan dalam buah manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

Harga buah manggis di indonesia

Harga buah manggis dapat bervariasi tergantung pada daerah, musim, dan ketersediaannya. Di Indonesia, harga buah manggis biasanya lebih murah di daerah penghasil manggis seperti Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan, dibandingkan dengan daerah lain yang tidak terlalu banyak menghasilkan buah manggis.

Secara umum, harga buah manggis di pasar tradisional atau pasar swalayan di Indonesia berkisar antara Rp. 20.000 - 40.000 per kilogram, tergantung pada ukuran, kualitas, dan musimnya. Harga juga dapat lebih tinggi di toko-toko buah eksklusif atau supermarket yang menjual buah-buahan impor.

Namun, harga buah manggis dapat lebih mahal di luar Indonesia, terutama di negara-negara yang tidak memproduksi buah manggis seperti Amerika Serikat atau Eropa. Di negara-negara ini, buah manggis biasanya diimpor dan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa harga buah manggis dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas di beberapa tempat sebelum membeli.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, buah manggis memiliki rasa yang lezat dan segar, serta banyak manfaat kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan buah manggis dalam diet sehat Anda.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI