GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Mudik lebaran 2023 , 123 Juta orang pulang kampung. Sebanyak 25 juta orang naik motor

Sebanyak 25 juta lebih orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2023 ini dengan menggunakan sepeda motor (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Saat ini jumlah masyarakat yang pulang dengan kendaraan sendiri masih terkendali, baik itu mobil maupun sepeda motor. Dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan memperkirakan setidaknya akan ada 25,13 juta penumpang yang menggunakan sepeda motor.
 
Itu sebabnya Menhub mewanti-wanti banyak para komuter yang terburu-buru menggunakan sepeda motor dan menganggap pulang dengan sepeda motor terlalu berbahaya, sehingga harus dihindari. “Sepeda motor juga digunakan untuk pulang pergi, saat ini kami menghimbau agar semua orang tidak pulang dengan sepeda motor karena resikonya sangat tinggi, jalan-jalan pendek saja dengan sepeda motor.” Budi. 

Budi mengimbau masyarakat memanfaatkan kesempatan yang diberikan pemerintah untuk pulang gratis. Dengan gratis pulang pergi ini, Budi menjelaskan pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa pulang menggunakan kereta api dan kapal dengan membawa sepeda motornya pada waktu yang bersamaan. "Kita adakan kereta api gratis, bisa angkut sepeda motor. Lalu, (perjalanan) laut juga sama, kita pakai kapal Roro untuk bawa sepeda motor," kata Budi. Budi memaparkan data kali ini program mudik gratis mampu menampung 80.792 penumpang dan 16.340 sepeda motor.
 
Diketahui, tahun ini diperkirakan jumlah pemudik akan meningkat signifikan, karena setidaknya akan ada 123 juta orang yang mudik. Tentu saja, tidak ada jam malam resmi, dan akan ada hari libur bersama mulai 19 hingga 26 April.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI