GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara mengatasi error 404 di blog

Tips seputar blogging , Cara mengatasi eror 404. Foto : neilpatel

Penggunaan blogger sebagai platform untuk membuat blog atau website saat ini sudah sangat populer. Blogger memudahkan penggunanya untuk membuat konten dan mempublikasikannya ke internet dengan cepat dan mudah. Namun, terkadang pengguna blogger mengalami masalah dalam hal teknis seperti error 404. Error 404 adalah pesan kesalahan yang muncul ketika pengunjung mencoba mengakses halaman web yang tidak ditemukan atau telah dihapus. 

Cara mengatasi error 404 di blogger

Sebelum membahas cara mengatasi error 404, penting untuk memahami penyebab munculnya error tersebut. Ada beberapa alasan mengapa error 404 terjadi di blogger, di antaranya adalah:

1. Halaman yang dihapus
Jika Anda telah menghapus halaman atau postingan di blogger, maka link atau URL halaman tersebut tetap ada di mesin pencari atau di tempat lain di internet. Ketika seseorang mencoba mengakses link tersebut, akan muncul error 404 karena halaman tersebut telah dihapus.

2. URL yang salah
URL atau tautan yang salah dapat mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak ditemukan. URL yang salah bisa terjadi karena kesalahan saat mengetik atau kesalahan saat mengedit tautan.

3. Kesalahan teknis
Kesalahan teknis pada blogger juga dapat menyebabkan error 404. Hal ini terjadi ketika ada masalah dengan server hosting atau ketika blogger melakukan pembaruan sistem.

Cara mengatasi masalah tersebut di blogger

1. Perbaiki tautan yang salah
Cara pertama untuk mengatasi error 404 di blogger adalah dengan memperbaiki tautan atau URL yang salah. Anda dapat melakukan ini dengan mengecek tautan yang ada di situs Anda dan memastikan bahwa semuanya mengarah ke halaman yang tepat. Pastikan bahwa URL tersebut sudah benar dan tidak terdapat kesalahan penulisan.

2. Menggunakan plugin redirection
Plugin redirection adalah plugin yang dapat membantu Anda mengarahkan tautan yang salah ke halaman yang benar. Plugin redirection akan membuat tautan yang salah mengarah ke halaman yang benar secara otomatis. Plugin redirection dapat diinstal di blogger dengan mudah.

3. Buat halaman khusus untuk error 404
Cara lain untuk mengatasi error 404 di blogger adalah dengan membuat halaman khusus untuk error 404. Halaman ini akan memberitahu pengunjung bahwa halaman yang dicari tidak ditemukan dan memberikan tautan ke halaman utama situs. Halaman khusus ini dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung daripada hanya menampilkan pesan error.

4. Gunakan Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools adalah alat yang dapat membantu Anda mengatasi error 404 di blogger. Alat ini akan memberikan laporan tentang tautan yang rusak atau error pada situs Anda. Dengan menggunakan Google Webmaster Tools, Anda dapat dengan mudah menemukan tautan yang rusak dan memperbaikinya.

5. Pindahkan situs ke hosting yang lebih baik
Jika error 404 terjadi karena masalah teknis pada server hosting, maka cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memindahkan situs ke hosting yang lebih baik. Hosting yang lebih baik akan memberikan kestabilan dan kecepatan yang lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya error 404.

6. Periksa kembali pengaturan blogger
Error 404 juga dapat terjadi karena kesalahan pengaturan pada blogger. Untuk mengatasi hal ini, periksa kembali pengaturan blogger Anda dan pastikan semuanya telah dikonfigurasi dengan benar.

7. Gunakan layanan pemendek tautan
Layanan pemendek tautan seperti bit.ly dan goo.gl dapat membantu Anda menghindari error 404 di blogger. Layanan ini akan menghasilkan tautan pendek yang mengarah ke halaman yang tepat. Dengan menggunakan layanan pemendek tautan, Anda dapat menghindari kesalahan penulisan tautan dan mengurangi kemungkinan terjadinya error 404.

8. Hindari menghapus halaman atau postingan yang sudah diindeks oleh mesin pencari
Penting untuk diingat bahwa mesin pencari seperti Google akan mengindeks halaman atau postingan Anda. Jika Anda menghapus halaman atau postingan yang sudah diindeks oleh mesin pencari, maka link atau URL halaman tersebut masih akan muncul di mesin pencari. Untuk menghindari error 404, hindari menghapus halaman atau postingan yang sudah diindeks oleh mesin pencari.

9. Gunakan kata kunci yang relevan dan mudah dicari
Penggunaan kata kunci yang relevan dan mudah dicari dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya error 404 di blogger. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan sesuai dengan konten yang Anda buat dan mudah dicari oleh pengunjung.

10. Gunakan backlink yang valid
Backlink yang valid dapat membantu meningkatkan otoritas situs Anda di mesin pencari dan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya error 404. Pastikan backlink yang Anda gunakan valid dan mengarah ke halaman yang benar.

Error 404 dapat terjadi pada blogger dan hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengunjung. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda dapat mengatasi error 404 di blogger dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung Anda. Penting untuk selalu memperhatikan tautan atau URL yang ada di situs Anda dan memastikan semuanya mengarah ke halaman yang benar.

Selain itu, perhatikan juga pengaturan dan konfigurasi blogger Anda, gunakan pemendek tautan, dan pastikan kata kunci dan backlink yang Anda gunakan relevan dan valid.

Namun, meskipun Anda telah melakukan semua hal di atas, masih mungkin terjadi error 404 di blogger Anda. Ketika hal ini terjadi, jangan panik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error 404 di blogger:

1. Cek kembali tautan atau URL
Cek kembali tautan atau URL yang mengarah ke halaman yang error 404. Pastikan tautan atau URL tersebut telah dituliskan dengan benar dan tidak terjadi kesalahan penulisan.

2. Refresh halaman
Coba untuk merefresh halaman yang error 404. Kadang-kadang halaman hanya perlu diperbarui dan error 404 akan hilang dengan sendirinya.

3. Gunakan mesin pencari
Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari halaman yang hilang. Ketik kata kunci atau judul halaman yang hilang di mesin pencari dan lihat apakah halaman tersebut masih tersedia di internet. Jika halaman masih tersedia, salin dan tempel tautan atau URL tersebut ke browser Anda.

4. Gunakan cache halaman
Jika Anda tidak dapat menemukan halaman yang hilang di mesin pencari, cobalah untuk menggunakan cache halaman. Cache halaman adalah salinan halaman yang disimpan oleh mesin pencari. Untuk menggunakan cache halaman, ketik tautan atau URL halaman yang hilang di mesin pencari dan klik pada tautan "cache" yang muncul di bawah tautan halaman. Halaman yang hilang mungkin masih tersedia di cache halaman.

5. Periksa file XML sitemap
Periksa file XML sitemap blogger Anda dan pastikan halaman yang hilang terdaftar di dalamnya. Jika halaman tidak terdaftar, tambahkan halaman tersebut ke file XML sitemap.

6. Gunakan fitur "Fetch as Google" pada Google Search Console
Jika halaman masih belum dapat ditemukan, gunakan fitur "Fetch as Google" pada Google Search Console. Fitur ini akan meminta Google untuk mencari ulang halaman tersebut. Setelah Anda menggunakan fitur ini, Anda dapat meminta Google untuk mengindeks ulang halaman tersebut.

Error 404 dapat terjadi di blogger Anda dan mempengaruhi pengalaman pengunjung. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas dan melakukan beberapa tindakan yang diperlukan ketika error 404 terjadi, Anda dapat mengatasi error 404 di blogger dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung Anda.

Kesimpulan

Error 404 adalah masalah yang umum terjadi di blogger. Hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengunjung dan mengurangi kredibilitas situs Anda di mata mesin pencari. Namun, dengan menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengatasi error 404 di blogger dan memastikan pengunjung Anda memiliki pengalaman yang lebih baik di situs Anda.

Perhatikan tautan atau URL yang ada di situs Anda, periksa pengaturan dan konfigurasi blogger Anda, gunakan pemendek tautan, pastikan kata kunci dan backlink yang Anda gunakan relevan dan valid. Jika error 404 terjadi tetap tenang dan coba untuk mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas, seperti memeriksa tautan atau URL, merefresh halaman, menggunakan mesin pencari atau cache halaman, memeriksa file XML sitemap, dan menggunakan fitur "Fetch as Google" pada Google Search Console.

Dengan melakukan beberapa tindakan ini, Anda dapat mengatasi error 404 di blogger dan memastikan pengalaman pengunjung yang lebih baik di situs Anda. Selain itu, penting juga untuk memperbaiki dan memantau situs Anda secara teratur untuk menghindari error 404 di masa depan.

Jadi, itulah beberapa cara untuk mengatasi error 404 di blogger. Ingatlah bahwa error 404 adalah masalah umum yang dapat terjadi di situs web mana pun, dan itu bisa mengganggu pengalaman pengunjung dan kredibilitas situs Anda. Namun, dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan dan mengikuti beberapa cara untuk mengatasi error 404 yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghindari masalah ini dan memastikan pengalaman pengunjung yang lebih baik di situs Anda.

Terakhir, jika Anda merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melakukan langkah-langkah ini sendiri, Anda selalu dapat meminta bantuan dari ahli SEO atau profesional web developer. Mereka dapat membantu Anda mengatasi error 404 dan memastikan situs Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI