GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara Mudah Memasang Widget Rating Bintang Penilaian di Blogger

Cara Mudah Memasang Widget Rating Bintang Penilaian di Blogger

Blogger adalah salah satu platform blogging gratis yang paling populer dan mudah digunakan di seluruh dunia. Meskipun memiliki banyak fitur dan kelebihan, Blogger masih memiliki keterbatasan dalam beberapa aspek. Salah satunya adalah fitur rating atau penilaian yang terbatas. Namun, Anda tetap dapat menambahkan fitur rating pada blog Anda dengan memasang widget rating bintang penilaian. Widget ini akan memungkinkan pengunjung blog Anda untuk memberikan penilaian pada konten yang Anda buat.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah cara memasang widget rating bintang penilaian di Blogger. Dalam panduan ini, saya akan menggunakan widget dari Rating-Widget sebagai contoh. Rating-Widget adalah salah satu layanan pihak ketiga yang menyediakan widget rating bintang penilaian dan mudah digunakan pada platform blogging seperti Blogger.

Membuat Akun Rating-Widget

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Rating-Widget. Untuk melakukan ini, kunjungi situs web Rating-Widget dan klik tombol "Daftar Gratis" di bagian kanan atas layar. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan password. Setelah memasukkan data tersebut, klik tombol "Daftar Gratis" dan Anda akan diarahkan ke halaman utama akun Anda.

Membuat Widget Rating Bintang

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah membuat widget rating bintang penilaian. Untuk melakukan ini, klik tombol "Buat Widget" di bagian atas layar. Kemudian, pilih jenis widget yang ingin Anda buat. Rating-Widget menawarkan beberapa jenis widget yang berbeda, termasuk rating bintang, rating jempol, rating emoticon, dan banyak lagi. Pilih jenis widget rating bintang untuk artikel ini.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberi nama pada widget Anda. Anda dapat memberikan nama sesuai dengan preferensi Anda atau sesuai dengan artikel atau halaman yang akan dinilai. Setelah memberikan nama, klik tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Mengatur Opsi Rating Bintang

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengatur opsi rating bintang. Anda dapat mengatur jumlah bintang yang ingin ditampilkan, tampilan bintang, ukuran bintang, dan lainnya. Anda juga dapat mengatur jenis rating, apakah rating hanya dapat diberikan oleh pengunjung atau apakah Anda juga dapat memberikan rating pada artikel atau halaman tersebut.

Setelah mengatur opsi rating bintang, klik tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Mengatur Tampilan Widget

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengatur tampilan widget rating bintang. Anda dapat mengatur tampilan widget sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat mengubah warna latar belakang, warna bintang, ukuran font, dan banyak lagi. Anda juga dapat memilih apakah widget akan ditampilkan pada semua halaman atau hanya pada halaman tertentu.

Setelah mengatur tampilan widget, klik tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya Langkah 5: Mendapatkan Kode Widget Rating Bintang

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mendapatkan kode widget rating bintang. Anda dapat mendapatkan kode tersebut dengan mengklik tombol "Dapatkan Kode" di bagian bawah layar. Setelah itu, Anda akan melihat kode widget rating bintang yang telah dibuat.

Anda dapat menyalin kode tersebut dan menyimpannya di editor teks atau notepad untuk penggunaan selanjutnya.

Memasang Widget Rating Bintang di Blogger

Setelah mendapatkan kode widget rating bintang, langkah selanjutnya adalah memasangnya di halaman atau artikel di Blogger. Untuk melakukan ini, masuk ke dashboard Blogger Anda dan buka halaman atau artikel yang ingin Anda pasangi widget rating bintang.

Pada halaman atau artikel tersebut, masuk ke mode pengeditan HTML dan cari tempat di mana Anda ingin menambahkan widget rating bintang. Setelah menemukannya, tempelkan kode widget rating bintang yang telah Anda salin pada langkah sebelumnya.

Setelah itu, simpan perubahan yang telah Anda buat dan buka halaman atau artikel tersebut untuk memastikan bahwa widget rating bintang telah terpasang dengan baik.

Memantau Penilaian

Setelah berhasil memasang widget rating bintang di halaman atau artikel Anda, langkah terakhir adalah memantau penilaian yang diberikan oleh pengunjung blog Anda. Anda dapat memantau penilaian tersebut melalui dashboard Rating-Widget Anda.

Anda dapat melihat jumlah bintang yang diberikan, komentar pengunjung, dan lainnya. Dari sini, Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas artikel atau halaman Anda dan membuat perbaikan di masa mendatang.

Kesimpulan

Membuat blog yang menarik dan berkualitas adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap blogger. Dengan memasang widget rating bintang penilaian, Anda dapat memungkinkan pengunjung blog Anda memberikan penilaian dan komentar pada konten yang Anda buat.

Dalam artikel ini, saya telah menjelaskan langkah-langkah cara memasang widget rating bintang penilaian di Blogger. Dalam panduan ini, saya menggunakan widget dari Rating-Widget sebagai contoh. Widget ini sangat mudah digunakan dan dapat meningkatkan interaksi pengunjung dengan blog Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memasang widget rating bintang penilaian di Blogger dan meningkatkan kualitas blog Anda. Selamat mencoba!

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI