GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara dan Resep Membuat Es Krim Praktis di Rumah

Ilustrasi Es Krim

Apakah membuat es krim sulit? Banyak orang mungkin beranggapan bahwa mengolah minuman dingin ini memerlukan kesulitan dan kerumitan. Namun, kenyataannya, prosesnya tidak sekompleks yang dipikirkan. 

Dengan sedikit eksperimen dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, Anda dapat dengan mudah menyajikan camilan dingin yang lezat ini di rumah. Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat es krim sendiri!

Berikut adalah cara mudah membuat es krim yang lezat. Dengan mengikuti beberapa tips dan trik berikut, Anda bisa mencobanya sendiri.

Bahan-bahan

  • 2 cangkir krim kental (heavy cream).
  • 1 cangkir susu cair.
  • 3/4 cangkir gula pasir.
  • 1 sendok teh ekstrak vanila.
  • Sejumput garam.
  • Bahan tambahan sesuai selera (cokelat, kacang, buah-buahan, dll.)

Cara membuat

1. Campurkan krim kental, susu cair, gula pasir, ekstrak vanila, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata hingga gula larut sepenuhnya.

2. Tuangkan campuran tersebut ke dalam mesin pembuat es krim. Jika Anda tidak memiliki mesin, wadah kedap udara dapat menjadi alternatifnya.

3. Nyalakan mesin pembuat es krim dan ikuti petunjuk penggunaan. Jika menggunakan wadah kedap udara, tuangkan campuran ke dalamnya, tutup rapat, dan simpan di dalam freezer.

4. Setelah mesin berjalan selama sekitar 20-25 menit, atau jika Anda menggunakan wadah kedap udara, diamkan dalam freezer selama 3-4 jam sambil sesekali diaduk untuk mencegah pembentukan kristal es yang besar.

5. Setelah proses pembekuan selesai, es krim siap disajikan. Tambahkan bahan tambahan seperti cokelat cincang, kacang, atau buah-buahan sesuai selera.

Cara Membuat Es Krim Lebih Sehat

Membuat es krim sendiri memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rasa dan tekstur sesuai selera pribadi, serta dapat diolah menjadi lebih sehat. Berikut beberapa tipsnya:

1. Pilih bahan yang lebih sehat: Gunakan susu rendah lemak atau susu tanpa lemak sebagai pengganti susu penuh lemak.

2. Kurangi penggunaan gula: Gunakan pemanis alami seperti madu atau maple syrup sebagai alternatif gula. Ingatlah bahwa es krim dengan sedikit gula tetap bisa memiliki rasa manis yang menyenangkan.

3. Tambahkan buah-buahan segar: Buah-buahan memberikan manfaat nutrisi dan meningkatkan cita rasa es krim tanpa perlu menambahkan gula berlebih.

4. Hindari bahan pengawet dan pewarna buatan: Gunakan bahan alami dan segar untuk membuat es krim yang lebih sehat dan bebas dari bahan kimia.

5. Sajikan dengan porsi yang sesuai: Perhatikan porsi es krim yang dikonsumsi agar tidak berlebihan dan menghindari asupan kalori berlebih.

Demikianlah cara mudah membuat es krim di rumah. Yuk, cobalah membuatnya sendiri!


Referensi:
Merdeka.com. Diakses pada 2023. 8 Cara Membuat Es Krim Mudah dan Anti Gagal di Rumah.
Suara.com. Diakses pada 2023. 7 Cara Membuat Es Krim Rumahan, Lembut Meski Tanpa Mixer
Bare Feet in The Kitchen. Diakses pada 2023. The Best (and Easiest) Ice Cream You’ll Ever Make
Delish. Diakses pada 2023. Ice Cream in a Bag.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI