GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Kumpul Bareng Anak Bangsa 2023 di Bantul, ratusan anak mendapatkan pendidikan tentang nilai-nilai Pancasila.

Ratusan  anak-anak dari berbagai wilayah turut berpartisipasi dalam kompetisi melukis di Museum Memorial Jenderal Besar Soeharto, Kabupaten Bantul, pada hari Minggu (6/8/2023). Foto : Tribun

Ratusan anak dari berbagai wilayah di DI Yogyakarta mengikuti acara Kumpul Bareng Anak Bangsa 2023 di Museum Memorial Jenderal Besar Soeharto, Bantul, pada Minggu (6/8/2023). Pada kesempatan tersebut, mereka diberikan pendidikan tentang pentingnya memahami nilai-nilai luhur Pancasila.

Paramita Jati, Ketua Panitia Kumpul Bareng Anak Bangsa 2023, menyampaikan bahwa anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dan merupakan aset berharga bagi negara, sehingga layak untuk mendapatkan edukasi tentang nilai-nilai luhur Pancasila.

"Dengan mendapatkan edukasi tersebut, anak-anak di Kabupaten Bantul menjadi lebih paham mengenai tindakan-tindakan yang seharusnya dilakukan dan dihindari dalam kehidupan mereka. Sebab, nilai-nilai Pancasila menjadi panduan hidup yang harus dijadikan contoh oleh mereka," ujar Paramita kepada para awak media.

Salah satu panduan hidup dari nilai-nilai Pancasila yang patut dijadikan contoh adalah sikap menjaga solidaritas dan menumbuhkan rasa toleransi terhadap keberagaman di Indonesia.

"Setiap individu memiliki perbedaan yang beragam. Melalui acara ini, kami berharap anak-anak dapat sejak dini memahami dan menghormati perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mereka sebagai penerus bangsa dapat menjaga kedamaian dan kerukunan di antara masyarakat di sekitarnya," ujar Paramita.

Acara yang berjudul 'Menumbuhkan Kerukunan Umat Beragama Sejak Dini' diadakan dengan tujuan untuk merayakan hari ulang tahun ke-78 Kemerdekaan RI dan Pesta Demokrasi Pemilu 2024.

Oleh karena itu, kegiatan Kumpul Bareng Anak Bangsa dianggap sebagai kesempatan yang tepat untuk menguatkan rasa nasionalisme pada anak-anak.

"Harapannya, kegiatan ini dapat diikuti oleh semua anak tanpa memandang latar belakang, suku, agama, dan lain sebagainya. Sehingga, acara ini menjadi sarana untuk saling mengenal, bergaul, dan menghargai sesama manusia," kata Romo Ambrosius Heri Krismawanto, penanggung jawab penyelenggara Kumpul Bareng Anak Bangsa 2023.

Selain itu, sebagai penambah semarak acara, pihak penyelenggara juga mengadakan Dialog Parenting Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Pendidikan Karakter Anak di Era Modern, lomba melukis dengan media kertas maupun kaos, serta pentas seni.

"Dengan rangkaian acara ini, harapannya Indonesia dapat menjadi lebih harmonis," tambah Kiai Barowi, Pengurus MWC NU Kapanewon Sedayu. (*)

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI