GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara Membuat Linktree Gratis , Instan dan Mudah

Ilustrasi Linktree


Menjaga keterhubungan online menjadi hal yang sangat penting. Apakah Anda seorang blogger, pengusaha, atau bahkan hanya seorang individu yang ingin berbagi berbagai tautan penting, Linktree adalah alat yang sempurna untuk Anda. Linktree juga merupakan platform yang memungkinkan Anda membuat tautan yang dapat disesuaikan dan mudah dibagikan dengan orang lain, membantu Anda menghubungkan semua aspek kehidupan online Anda dalam satu tempat. 

Apa Itu Linktree?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas apa itu Linktree. Linktree adalah alat yang dirancang untuk mengatasi masalah yang umum terjadi di dunia digital , membagikan banyak tautan dengan orang lain melalui platform media sosial yang memiliki batasan dalam hal tautan. Biasanya, platform-media sosial seperti Instagram hanya memungkinkan satu tautan di bio profil Anda. Namun, dengan Linktree, Anda dapat membuat sebuah halaman yang berisi berbagai tautan, yang kemudian dapat Anda bagikan di bio profil Anda.

Dengan kata lain, Linktree adalah jembatan antara berbagai tautan dan konten yang ingin Anda bagikan dengan orang lain. Ini adalah solusi yang sangat berguna untuk mengoptimalkan keterhubungan online Anda, terutama jika Anda aktif di beberapa platform.

Daftar dan Buat Akun Linktree

Langkah pertama dalam membuat Linktree adalah mendaftar dan membuat akun. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka peramban web Anda dan pergi ke situs web Linktree (https://linktr.ee/).
  2. Jika Anda belum memiliki akun Linktree, klik tombol "Get Started for Free" untuk mendaftar. Jika Anda sudah memiliki akun, cukup masuk dengan akun Anda.
  3. Setelah mendaftar, Linktree akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang Anda daftarkan. Buka email tersebut dan ikuti instruksi untuk verifikasi akun Anda.
  4. Setelah verifikasi selesai, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa detail profil seperti nama dan gambar profil. Pastikan untuk menyediakan informasi yang tepat dan menarik.

Langkah 2: Tambahkan Tautan-Tautan Anda

Setelah Anda memiliki akun Linktree yang aktif, saatnya untuk mulai menambahkan tautan-tautan Anda. Inilah cara melakukannya.

  1. Setelah Anda masuk ke akun Linktree Anda, Anda akan diarahkan ke dashboard. Di sini, Anda akan melihat daftar tautan default yang dapat Anda ubah sesuai keinginan.
  2. Untuk menambahkan tautan baru, klik tombol "Add New Link". Anda akan diminta untuk memberikan judul tautan dan URL yang sesuai. Judul ini akan menjadi teks yang muncul di Linktree Anda, jadi pastikan untuk membuatnya deskriptif.
  3. Anda dapat mengganti urutan tautan dengan cara menarik dan melepaskan mereka untuk mengatur tampilan Linktree Anda. Pastikan untuk meletakkan tautan paling penting atau yang paling ingin Anda tampilkan di bagian atas.
  4. Setiap tautan dapat disesuaikan dengan menambahkan ikon atau gambar unik. Linktree menyediakan banyak pilihan ikon yang dapat Anda pilih sesuai dengan tautan Anda. 
  5. Ada beberapa pengaturan tambahan yang dapat Anda sesuaikan untuk setiap tautan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan tautan tersebut, menambahkan tautan yang kedaluwarsa, dan lainnya. Ini membantu Anda mengontrol dan memperbarui tautan dengan lebih mudah.
  6. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat setelah menambahkan atau mengedit tautan. Klik "Save" atau "Simpan" untuk menyimpan perubahan Anda.

Langkah 3: Sesuaikan Tampilan Linktree Anda

Salah satu hal yang membuat Linktree menarik adalah fleksibilitas dalam hal desain dan tampilan. Anda dapat mengkustomisasi Linktree Anda agar sesuai dengan merek atau estetika Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

  1. Linktree menawarkan berbagai tema yang dapat Anda pilih. Tema ini akan memengaruhi tampilan latar belakang dan warna tombol.
  2. Anda dapat mengunggah gambar latar belakang yang sesuai dengan merek Anda atau mencerminkan minat Anda. Pastikan gambar ini tidak terlalu mencolok sehingga tautan Anda tetap terlihat jelas.
  3. Sesuaikan warna teks dan tombol sesuai dengan preferensi Anda. Ini membantu Anda menciptakan tampilan yang konsisten dengan merek Anda.
  4. Di bagian atas Linktree Anda, Anda dapat menambahkan deskripsi singkat tentang diri Anda atau apa yang dapat ditemukan di Linktree Anda. Ini memberikan konteks kepada pengunjung Anda.
  5. Anda dapat menambahkan tombol Call-to-Action (CTA) yang mengarahkan pengunjung Anda ke tautan penting. Misalnya, jika Anda ingin mengarahkan mereka ke halaman produk atau formulir kontak, Anda dapat membuat tombol CTA untuk itu.
  6. Linktree memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau tampilan Linktree Anda sebelum menyimpan perubahan. Gunakan fitur ini untuk memastikan tampilan Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Langkah 4: Bagikan Linktree Anda

Setelah Anda telah membuat dan menyesuaikan Linktree Anda sesuai dengan kebutuhan Anda, saatnya untuk membagikannya dengan dunia. Berikut adalah beberapa cara untuk membagikan Linktree Anda.

Tambahkan Linktree ke Bio Media Sosial
Jika Anda menggunakan platform-media sosial seperti Instagram,tempatkan tautan Linktree Anda di bio profil Anda. Ini akan membuat tautan-tautan Anda lebih mudah diakses oleh pengikut Anda.

Bagikan di Media Sosial
Buat posting di berbagai platform-media sosial Anda yang mengarahkan orang ke Linktree Anda. Jelaskan apa yang mereka akan temukan di sana untuk meningkatkan minat.

Tambahkan ke Tanda Tangan Email
Jika Anda sering mengirim email, pertimbangkan untuk menambahkan tautan Linktree Anda ke tanda tangan email Anda. Ini dapat membantu penerima email Anda mengakses tautan-tautan Anda dengan mudah.

Gunakan di Materi Pemasaran
Jika Anda memiliki materi pemasaran seperti kartu bisnis atau brosur, tambahkan tautan QR code ke Linktree Anda. Ini membuatnya mudah diakses oleh orang yang menerima materi Anda.

Langkah 5: Analisis Kinerja Linktree Anda

Setelah Anda mulai menggunakan Linktree, penting untuk memantau dan menganalisis kinerjanya. Ini akan membantu Anda memahami seberapa efektif Linktree Anda dalam mengarahkan pengunjung ke berbagai tautan Anda. Linktree menyediakan alat analisis bawaan yang dapat membantu Anda melacak statistik penting, seperti jumlah klik, tautan yang paling populer, dan lainnya.

Dengan menganalisis kinerja Linktree Anda, Anda dapat menyesuaikan strategi Anda untuk meningkatkan keterhubungan online Anda. Anda mungkin menemukan bahwa beberapa tautan lebih efektif daripada yang lain, atau bahwa perubahan dalam tampilan atau pesan deskripsi dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Kesimpulan

Membuat Linktree adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterhubungan online Anda dengan pengikut dan audiens Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat Linktree yang menarik dan fungsional untuk menghubungkan berbagai tautan dan konten Anda dalam satu tempat. Jangan lupa untuk terus memantau dan mengoptimalkan Linktree Anda untuk hasil terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih efektif dalam berbagi informasi dan mengarahkan pengunjung Anda ke tempat yang mereka butuhkan.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI