GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara Mengatasi No Referring Sitemaps Detected

Ilustrasi Sitemap

Pernahkah kalian mengalami " No referring sitemaps detected ". Mungkin tak semua yang mengalami hal ini. Bagi yang pernah mengalami , tentu membuat dampak yang cukup signifikan terhadap performa blog atau website kalian. 

Apa itu sitemap

Sitemap adalah daftar dari halaman situs web dalam satu domain. Selain itu sitemap dapat dimasukan dalam format xml dalam peta situs. 

Di google webmaster , terdapat fitur untuk mensubmit sitemap. Untuk cara submit sitemap sangat mudah. Namun , seringkali pada domain tertentu tidak dapat submit sitemap seperti domain my.id

Sebagian besar kalangan , berpendapat bahwa sitemap pada domain my.id terkena baned google. Kabar tersebut belum tentu benarnya. Sebagian kalangan blogger juga berpendapat bahwa tanpa submit sitemap pada domain my.id , artikel yang mereka buat juga terindeks meski membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Tidak Ada Peta Situs Terdeteksi

Jika web atau blog anda mengalami kendala pada Google webmaster terkait tidak ada peta situs terdeteksi. Kemungkinan sitemap anda tidak dapat di crawl oleh search engine.

Biasanya ini terjadi pada domain baru atau regristar baru. Bahkan yang sudah lama berkecimpung di blog sebagian merasakan hal yang sama. 

Ada alasan tersendiri mengapa google tidak dapat membaca sitemap anda. Jika anda masih binggung dengan cara mengatasinya sebaiknya tanyakan hal ini di forum maupun orang yang berpengalaman. Namun , anda juga dapat mencari artikel tentang cara mengatasi hal ini.

Dampak Yang ditimbulkan

Dampak yang ditimbulkan tidak terdeteksinya sitemap adalah artikel yang anda buat tidak akan terindeks. Walaupun artikel lama sebelumnya sudah terindeks , bisa saja hal tersebut juga sama.

Selain itu , tidak terindeksnya artikel anda akan membuat kerja ekstra bagi yang mengalaminya. Disamping itu , dengan adanya permasalahan ini dapat membuat si penulis stress. Jadi sebaiknya pelajari lebih dalam tentang hal tersebut dan perbaikilah secara perlahan.

Cara Mengatasi Peta Situs Tidak Terdeteksi

Langkah untuk mengatasi peta situs tidak terdeteksi adalah dengan cara menghapus sitemap xml pada google webmaster dan submit ulang. 


Apabila langkah tersebut tetap tidak berfungsi lakukan inspeksi ulang dengan mengetik nama blog anda.


Jika setelah melakukan dua langkah diatas tidak ada reaksinya , maka anda harus melakukan hal berikut.

  • Hapus sitemap di peta situs anda , atau biarkan saja.
  • Tambahkan sitemap baru di peta situs dengan format ( url blog/atom.xml )

Dengan langkah tersebut , sitemap akan mendeteksinya. Namun , butuh waktu beberapa hari agar google dapat mengcrawl artikel anda secara bertahap. 

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI