GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Manfaat Azelaic Acid untuk Kecantikan

Ilustrasi

Banyak skincare dengan bahan aktif beragam yang bermanfaat untuk kulit. Salah satu yang lagi populer adalah azelaic acid, senyawa alami dalam biji-bijian seperti jelai, gandum, dan gandum hitam. Kandungan ini, dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan, efektif mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan rosacea serta meningkatkan tekstur kulit.

Dalam skincare, asam azaleat berfungsi sebagai pengelupas untuk memperbarui sel kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu, asam ini memiliki sifat antiinflamasi yang ringan.

Bagi yang punya masalah kulit seperti rosacea, pigmentasi, atau jerawat, azelaic acid dapat membantu meredakan gejala dan memperbaiki penampilan wajah. Berikut manfaatnya:

Mengatasi Jerawat

Asam azaleat memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengurangi kemerahan dan peradangan terkait jerawat. Juga, dapat mengontrol produksi minyak, mencegah jerawat baru muncul.

Mengatasi Bekas Jerawat

Selain menghilangkan jerawat, azelaic acid juga efektif mengatasi bekas jerawat. Ini karena mendorong pergantian sel, mengurangi tingkat keparahan jaringan parut. Asam azaleat juga menghambat produksi melanin, mengurangi perubahan warna kulit.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Masalah hiperpigmentasi, seperti bintik gelap dan noda kulit, dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak merata.

Azelaic acid membantu menghambat produksi melanin berlebih yang menyebabkan hiperpigmentasi. Penggunaan rutin dapat memberikan hasil kulit yang lebih cerah dan seragam.

Redakan Rosacea dengan Azelaic Acid

Rosacea, yang ditandai dengan kemerahan dan pembuluh darah terlihat pada wajah, dapat diatasi dengan azelaic acid.

Senyawa ini terbukti efektif dalam meredakan gejala rosacea, termasuk kemerahan dan peradangan. Azelaic acid membantu menenangkan kulit dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan.

Perbaikan Tekstur Kulit oleh Azelaic Acid

Azelaic acid memiliki sifat eksfoliasi ringan, mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Ini meningkatkan tekstur kulit, membuatnya terasa lebih halus, cerah, dan segar.

Melawan Tanda Penuaan dengan Azelaic Acid

Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus, dapat diatasi dengan azelaic acid.

Bahan ini membantu meningkatkan produksi kolagen, yang esensial untuk menjaga kekenyalan kulit. Penggunaan teratur dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, memberikan kulit tampilan yang lebih muda.

Cara Menggunakan Azelaic Acid dengan Tepat

Azelaic acid umumnya tersedia dalam bentuk serum atau krim topikal. Untuk hasil optimal, disarankan menggunakan produk dengan konsentrasi yang direkomendasikan oleh ahli kulit.

Gunakan azelaic acid dua kali sehari, pagi dan malam. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya setiap hari karena azelaic acid dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  1. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan. Manfaatkanlah pembersih atau sabun wajah yang memiliki sifat lembut.
  2. Cuci tangan sebelum mengoleskan produk.
  3. Oleskan azelaic acid secara tipis di seluruh wajah, ratakan dengan lembut, dan biarkan meresap sepenuhnya.
  4. Setelah azelaic acid meresap dengan baik, lanjutkan dengan penggunaan produk skincare lainnya.
  5. Jika muncul iritasi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Demikianlah tips penggunaan azelaic acid untuk manfaat terbaiknya pada kecantikan wajah. Jika kamu mengalami masalah kulit khusus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatologis berpengalaman.

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI