GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

5 Fitur Baru Whatsapp Yang Bakal Hadir Tahun Ini

Ilustrasi

WhatsApp (WA), sebagai salah satu aplikasi pesan singkat pilihan utama bagi miliaran pengguna global, kini menjadi perwujudan dari upaya berkelanjutan Meta, yang juga memiliki Facebook. Dalam rangka memanjakan penggunanya, aplikasi ini secara aktif mengembangkan beragam fitur baru. Pada tahun 2024, WhatsApp berada di bawah bendera Meta dan terus berkomitmen menyediakan pengalaman komunikasi yang lebih baik.

Beberapa fitur terbaru yang sedang dipersiapkan oleh WhatsApp untuk tahun ini mencakup kemampuan transfer file dengan cepat, kemungkinan untuk berbagi status WhatsApp langsung ke platform Instagram, dan variasi tema aplikasi yang lebih beragam. Selain itu, pengguna dapat mengantisipasi sejumlah fitur inovatif lainnya yang akan mempermudah proses komunikasi melalui aplikasi ini.

WhatsApp akan menghadirkan inovasi baru di bidang transfer file dengan kecepatan lebih tinggi. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk saling bertukar dokumen, termasuk PDF dan file Office, dengan lebih efisien. Ke depannya, WhatsApp akan memperkenalkan fitur yang memfasilitasi pengguna untuk berbagi file secara instan kepada orang terdekat, tanpa perlu membuka ruang obrolan terlebih dahulu. Teknologi Bluetooth akan mendukung praktik ini, memungkinkan pengguna mengirim file tanpa harus masuk ke dalam chatroom kontak tertentu terlebih dahulu, seperti yang biasa terjadi saat ini. Selain itu, pengguna juga akan memiliki kemampuan untuk mengirim file kepada pengguna WhatsApp lainnya tanpa perlu menyimpan kontak mereka terlebih dahulu. Fitur ini memiliki kemiripan dengan AirDrop yang dimiliki oleh Apple, serta Quick Share yang dimiliki oleh Google dan Samsung.

Ilustrasi

Berdasarkan informasi yang sering kali memberikan sneak peek tentang fitur-fitur baru WhatsApp, yaitu WABetaInfo, fitur yang akan datang ini akan mengharuskan dua pengguna yang ingin bertukar file untuk membuka bagian spesifik dalam aplikasi. Selanjutnya, mereka diwajibkan untuk menggoyangkan ponsel mereka, sehingga pop-up notifikasi untuk mengakses fitur berbagi muncul di WhatsApp. Dengan cara ini, mereka dapat dengan aman dan efektif bertukar file secara langsung dalam jarak dekat. Fitur ini diharapkan menjadi pilihan baru bagi pengguna WhatsApp dalam mentransfer file dengan cepat dan langsung kepada penerima, selain metode yang sudah ada sebelumnya.

2. Fitur terbaru yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp melibatkan kemampuan berbagi status WhatsApp ke platform-platform lain yang dimiliki oleh Meta, seperti Instagram (IG) dan Facebook (FB). Sebelumnya, fasilitas berbagi konten hanya terbatas pada IG dan FB. Secara sederhana, pengguna sekarang dapat melakukan posting secara bersamaan di IG dan FB. Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, pada tahun 2024, fungsi serupa akan diperluas ke WhatsApp. Artinya, setelah pengguna membuat status baru di WhatsApp, mereka juga dapat berbagi status tersebut di IG atau FB.

3. Melibatkan fitur lainnya adalah kemampuan berbagi video dan musik selama panggilan telepon di WhatsApp.

Pengguna WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk melakukan share screen atau berbagi tampilan layar selama panggilan video. Tahun ini, WhatsApp tengah mengembangkan fitur tambahan yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video atau lagu selama berlangsungnya panggilan video. Dengan ini, pengguna dapat mengakses pengalaman bersama seperti menonton video bersama atau mendengarkan lagu yang sama ketika sedang melakukan panggilan. 

Selain itu, tema khusus WhatsApp juga sedang diperhatikan untuk meningkatkan desain aplikasi. Saat ini, WhatsApp sedang mengembangkan berbagai tema dengan variasi warna. Menurut WABetaInfo, tersedia lima pilihan warna yang dapat dipilih, yaitu hijau, biru, putih, pink, atau ungu.

Ilustrasi

Ke depannya, WhatsApp akan memberikan opsi kepada pengguna untuk mengganti warna gelembung obrolan, sehingga tampilan aplikasinya menjadi lebih beragam secara visual.

Salah satu fitur terbaru yang tengah diupayakan oleh WhatsApp adalah penambahan tanda centang untuk akun WhatsApp Business. Seperti tanda centang yang ditemui pada aplikasi lain, fungsi tanda centang di sini dirancang untuk memastikan keaslian dari suatu akun WhatsApp Business. Keberadaan tanda centang ini mempermudah pengguna dalam mengenali apakah akun WhatsApp Business yang mereka chat atau hubungi sudah terverifikasi, terutama karena akun WA Business umumnya digunakan sebagai representasi merek. Fitur ini diharapkan akan menggantikan opsi langganan WhatsApp Premium yang telah ada sebelumnya.

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas, WhatsApp juga tengah mengembangkan fungsi yang akan menampilkan ikon gembok di bagian atas aplikasinya. Tujuan dari fitur ini adalah memberikan keyakinan kepada pengguna bahwa setiap obrolan yang mereka lakukan di WhatsApp dilindungi oleh sistem enkripsi end-to-end. Namun, perlu dicatat bahwa berbagai fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan. Beberapa di antaranya sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp beta, terutama fitur berbagi video atau musik selama panggilan. Informasi tentang ketersediaan fitur lainnya masih belum terungkap, dan WhatsApp belum memberikan jadwal peluncuran resmi untuk rangkaian fitur baru tersebut. Kita akan menunggu informasi lebih lanjut dari WhatsApp.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul " Tahu Lebih Dulu, Ini 5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Hadir Tahun Ini "

Comments0


Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Sebisa Bisnis. Temukan kami di Google News, caranya klik DISINI